Senin, 10 Mei 2010

Kebutuhan Air Bersih Untuk Minum Ternak...

Ceritanya setelah ngangon bebek sebulan lebih, ternyata kebutuhan pakan dan minum bebek itu berat juga yah, nah kalo peternakan yang air tanahnya kurang bersih, seperti yang berlokasi di daerah pinggir pantai seperti kami, perlu dicoba tuh untuk bikin percobaan menjernihkan air.

dasar ide:
  • kebutuhan air bening buat minum bebek dapat diperoleh dengan menjernihkan ulang penggunaan air yang terbuang/tersisa di parit tempat minum kandang.
  • mungkin dapat digunakan cara seperti aerator pada aquarium dimana air tergenang selama penggunaan didalam parit secara berkala/simultan disedot dan dilarikan ke tangki penjernihan kemudian hasil penjernihan kembali di alirkan ke parit.

ada contoh tentang desain saringan air sederhana:





















Saringan air diatas masuk dalam jenis sistim penyaringan air lambat (SPL), nah jika dikombinasikan dengan system aerator akuarium maka bisa didapat seperti gambar berikut.














berdasarkan referensi hal ini dapat diaplikasikan dengan melakukan sedikit pengaturan tentang volume sumber air dengan air keluaran penyaringan lambat. pengaturan dilakukan agar jumlah air masuk sebanding dengan jumlah air keluar sehingga mencegah tumpahnya air masukan.

starting awal gunakan air bersih (air PAM) di bak penampung dan sedot air kotor menuju torent SPL kemudian setelah ada keluaran dari SPL ke bak penampung baru alirkan air bersih bak penampung ke bak air minum ternak.
==%==

0 komentar:

Posting Komentar